Beasiswa Indonesia Emas – Daerah 2024, Menumbuhkan Growth Mindset, Untuk Masa Depan Gemilang

Sahabatguru.com, 2 November 2024 – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berkolaborasi dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) kembali menegaskan komitmen mereka dalam menciptakan generasi emas Indonesia melalui program Beasiswa Indonesia Emas – Daerah (BIE-D) 2024. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di tanah air, kedua organisasi ini mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dengan fokus khusus pada pengembangan growth mindset di kalangan penerima beasiswa.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dra. Siti Nurkhayati, M.Pd, Ketua Yayasan Pendidikan Adiluhung (YPAN). Beliau menekankan pentingnya kesempatan ini dan berharap para penerima beasiswa dapat memanfaatkannya dengan optimal. “Dengan memiliki growth mindset, saya yakin kalian semua akan berkembang menjadi pemimpin masa depan yang inovatif dan tangguh,” ujarnya.

“Growth Mindset”: Dorong Penerima Beasiswa untuk Maksimalkan Potensi

Pelatihan kali ini berfokus pada dua aspek utama, yaitu Fondasi Growth Mindset yang mengajak peserta untuk memahami konsep dasar dari growth mindset dan membedakannya dengan fixed mindset. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk membantu peserta mengalihkan Fixed Mindset menjadi Growth Mindset, dengan menawarkan berbagai strategi dan teknik untuk mengubah pola pikir mereka.

Acara ini menghadirkan pakar pendidikan internasional, Prof. Ir. Djohan Yoga, M.Sc. MoT., Ph.D., sebagai pembicara utama. Beliau berhasil memberikan inspirasi kepada peserta dengan pemahaman yang mendalam tentang betapa pentingnya mengadopsi growth mindset dalam menghadapi tantangan di dunia akademik dan profesional.

Secara sederhana, growth mindset adalah keyakinan bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat ditingkatkan melalui usaha dan pembelajaran yang berkelanjutan. Ini berbeda dengan fixed mindset yang menganggap kemampuan sebagai sesuatu yang statis sejak lahir. Dengan growth mindset, individu diajak untuk melihat setiap tantangan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Di tengah persaingan yang semakin ketat, growth mindset menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan. Hal ini memungkinkan individu untuk meningkatkan motivasi diri dengan memandang kegagalan sebagai langkah untuk belajar dan berkembang. Selain itu, pola pikir ini juga membekali individu dengan ketahanan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai tekanan dan tantangan. Dengan memiliki growth mindset, individu juga lebih cenderung membangun hubungan positif dan terbuka terhadap masukan serta kritik. Akhirnya, dengan terus berusaha untuk meningkatkan diri, mereka akan lebih mungkin meraih prestasi yang lebih gemilang.

Para penerima beasiswa menyambut positif pelatihan ini. Mereka mengungkapkan banyak manfaat yang mereka dapatkan dari materi yang disampaikan oleh Djohan Yoga. YPAN berkomitmen untuk terus mendampingi dan mendukung penerima BIE-D agar mereka dapat mencapai potensi terbaik mereka.

Selain pelatihan tentang growth mindset, YPAN juga merencanakan berbagai kegiatan lainnya seperti seminar, lokakarya, dan mentoring untuk mendukung pengembangan soft skill dan hard skill para penerima beasiswa. Diharapkan, melalui program BIE-D ini, Indonesia dapat menghasilkan generasi muda yang berkualitas, kompetitif, dan mampu membawa bangsa menuju arah yang lebih baik.

More From Author

5 Negara yang Ajarkan Coding di Sekolah, Indonesia Menyusul?

Upaya Kurangi Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemkab Gianyar Tandatangani MoU Program BIE-D dengan APKASI dan YPAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

December 2024
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

SLB Sekolah Luar Biasa

 

 

 

 

 

Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah lembaga pendidikan yang menyediakan pendidikan khusus bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, baik itu berkaitan dengan kecacatan fisik, intelektual, emosional, atau hambatan lainnya dalam proses belajar. Sekolah ini memiliki tujuan untuk memberikan akses pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dan potensi anak, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam masyarakat.